offroad

pasir impun

Hobi offroad identik dengan kejantanan & keberanian. Maka bukan rahasia lagi bila dunia itu adalah milik laki-laki yang ingin disebut jantan. Karena lintasan jalan yang ditempuh bukan jalan raya pada umumnya, melainkan selalu mencari jalan alternatif yang memacu adrenalin. Ada yang mengatakan hobi ini ”bertetangga” dengan maut. Tapi ada pula yang mengatakan sama sekali tak ada hubungannya dengan itu. Offroad hanya salah satu simbol keberanian dan kecerdasan para lelaki.

Betapa tidak, tanpa keberanian dan perhitungan yang matang mana mungkin mobil-mobil tersebut bisa menyeberangi rawa atau bukit terjal. Bahkan menuruninya dengan selamat. Ini semua pembuktian bahwa keberanian dan mental yang matang menjadi tolak ukur untuk disebut laki-laki lewat hobi ini. Tapi yang jelas kegemaran ini banyak menguras tenaga, pikiran dan tentu saja dana. Untuk sebuah kegiatan lintas alam, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai jutaan rupiah. Makanya para offroader dalam melakukan kegiatan lintas alam, faktor lokasinya harus terpilih yang menyajikan tantangan dan dengan tim yang terlatih serta kompak. Semakin banyak tantangannya maka semakin mengasyikkan petualangan bermobil itu. Uang pun bukan soal lagi jika kepuasan itu terpenuhi.

Buat pemula atau penggemar yang koceknya tanggung memang agak sulit juga jika menggeluti dunia offroad. Sebab kesan yang timbul pertama kali adalah kegiatan yang amat menguras uang. Kita tahu harga kendaraannya yang berkemampuan 4x4, berapa yang ada dipasaran indonesia. Belum termasuk ban yang harus memiliki spesifikasi offroad. Untuk sebuah ban saja bisa mencapai Rp 1 juta lebih. Belum lagi kelengkapan standar lainnya yakni winch dan pengunci gardan (locker).

Jika sudah kenal mobilnya sendiri maka offroader pun akan tahu apakah mobilnya mampu atau tidak melewati rintangan. Begitupun kalau kenal secara baik maka sang offroader jadi tahu kelemahan kendaraannya. Ini membantu untuk menyiapkan spare part apa saja yang harus dibawa jika terjadi sesuatu. Dalam kasus melewati jurang tak terlalu dalam, 2 meter misalnya. Pemula beranggapan tak mungkin bisa lewat. Kalaupun dipaksakan, mobil pasti jungkir balik. Tapi untuk yang jam terbangnya tinggi, hal itu mungkin saja. Yang paling utama dalam offroad adalah jam terbang dari yang pengemudinya memahami kondisi mesin dari mobil yang mereka gunakan & tentunya keahlian dalam menyetir.

Berikut adalah hasil jepretan saya selama mengikuti kegiatan dengan teman-teman koboi kolits, & memotret acara offroad dibeberapa tempat. Sebetulnya photo-photo ini sisa dari yang pernah saya tulis pada artikel-artikel sebelumnya seperti pada artikel rancabuaya 28-29 may2010, Gunung Papandayan 25-26 desember 09, tapi semoga dengan tambahan photo ini & tulisan artikel mengenai offroad lebih menambah sedikit banyak pengetahuan para pembaca tentang offroad

gunung papandayan

gunung papandayan

pasir impun

gunung papandayan

pasir impun

pasir impun

pasir impun

pasir impun

pasir impun

semua photo sudah mengalami proses editing dengan menggunakan adobe lightroom

4 komentar:

Yunaidi Joepoet mengatakan...

offroader jadi impian saya :)
foto-fotonya menarik sekali mas.
salut :)

salam hangat

yudi

Enno mengatakan...

hmm offroad ya? satu2nya kegiatan yg pengen aku coba tanpa rasa takut haha...

foto2nya bagus lho, ngeditnya jago
:P

salam kenal ya, udah kufollow :D

arfan mengatakan...

#Yunaidi Joepoet
makasih (^.^)

arfan mengatakan...

#Enno
ikut ajah rame kok offroad, iyah makasih yah (^.^)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts