panning

Panning adalah bahasan tulisan yang aku ingin tulis di blog aku dari dulu, baru kesampaian sekarang. Karena ilmu nya baru dapet. Soalnya liat temen-temen hasil jepretan photo panningnya bagus sekali jadi aku terus berlatih sehingga hasilnya gak malu-malu in buat di upload di blog aku sekarang.

Panning
Garis besarnya panning mungkin bisa didefinisikan seperti ini, mengambil object gambar yang kita lakukan pada saat object tersebut dalam keadaan bergerak, akan tetapi object yang kita ambil masih tetap focus blur tapi background dari object tersebut menjadi blur seperti menggunakan lensa fix.

Mungkin itu pengertian panning menurut aku, tapi biar bisa lebih mengerti aku kutip saja pengertian panning dari para ahli di bidangnya. yaitu:

Panning teknik. Panning adalah teknik perekaman object yang bergerak sehingga menghasilkan effect gerakan dan bisa terlihat jika object yang terfokus adalah object yang sedang moving atau bergerak. Ok, ada 3 rahasia untuk mendapatkan hasil panning yang memuaskan:
  1. Anda harus PARALEL dengan object yang bergerak itu. Dari contoh di bawah ini, saya dengar "nguing2" dari kejauhan terus saya siapkan kamera saya dan saya melihat mobil angkutan kota dari arah kiri saya, saya tunggu sampai mobilnya tuh persis di depan saya, dan saya langsung pencet shutter dan badan saya ngikutin arahnya mobilnya melaju setelah memencet shutternya.
  2. Pilihlah Shutter Speed yang paling cocok untuk objek yang bergerak itu. Biasanya saya pilih Shutter 1/20 atau 1/30 untuk panning teknik saya. Dalam contoh saya di bawah ini, saya memakai Shutter 1/20
  3. Jangan pakai tripod. Pakailah badan anda sebagai tumpuan yang mengayun dari kiri ke kanan atau sebaliknya searah dengan object yang akan di potret.
sumber: http://allabout-photo.blogspot.com/2009/03/pengertian-exposure.html

Berikut hasil jepretan saya selama belajar panning, semoga bermanfaat



semua hasil photo tidak mengalami proses editing

4 komentar:

Anonim mengatakan...

mantep nih

saya suka motret tapi baru, itu juga pake kamera biasa :(
tapi seneng disini jadi bisa belajar banyak

arfan mengatakan...

waktu aku belajar moto pertama kali, aku sama sekali tidak punya kamera. tidak punya kamera poket & slr. yg penting mari kita belajar bersama berbagi ilmu gratis

YQN mengatakan...

wah bagus sekali mas hasilnya... pengen moto kereta aku...

arfan mengatakan...

ahahahah coba ajah (^.^)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts