pinhole


awalnya aku ngeliat photografy temen yang udah pro, mereka menyebut hasil photografy yg seperti ini disebut "pinhole". ini sekilas penjelas mengenai pinhole:

pinhole
Lubang kecil pada alat kedap cahaya yang dipasang bersama lensa, menyambung lubang lensa tempat gambar objek direkam dalam lembaran yang peka cahaya. Apabila pada dinding ruangan yang gelap terdapat lubang kecil (pinhole), maka di bagian dalam ruang itu akan terefleksikan pemandangan di luar ruang secara terbalik lewat lubang tadi. Mo Ti adalah orang pertama yang menyadari fenomena camera obscura.
Fotografi merupakan hasil kombinasi dari beberapa teknik yang ditemukan, lama sebelum fotografi pertama kali ditemukan Ibn al-Haytham (Alhazen) (965–1040) menemukan kamera Obscura dan kamera Pinhole, sejak saat itulah teknik fotografi mulai berkembang. Fotografi memiliki prinsip dasar kerja yaitu memfokuskan cahaya melalui proses pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan.

tapi para photografer pro itu murni hasil dari jepretan kamera & gabungan lensa filter yg mereka gunakan. tapi karena aku belum memiliki alat demikian maka aku search di google mengenai tutorial efek tersebut biar bisa digunakan di photoshop. dan alhasil akhirnya aku menemukan tutorialnya di dua website/ sumber. yach itung-itung untuk para pemula edit photo seperti saya ini bakalan teramat sangat membantu loh.
ini website tutorial yg kutemukan dari search di www.google.com :

http://www.theartofmypetskeleton.com/2008/11/pinhole-photo-tutorial-in-photoshop-6.html
dan
http://www.ephotozine.com/article/Pinhole-magic--a-Photoshop-creative-idea-4886

dari dua hasil referensi tersebut maka aku pun mencoba mengedit photo itu dengan efek pinhole buat di photoshop, dan hasilnya bisa diliat pada photo diatas. semoga hasil ini bisa menjadi referensi bagi yang ingin mencoba mengedit photo seperti layaknya "pinhole" pada photografy yang sebenarnya.

0 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts